Monday 21 December 2015

How to Install Ubuntu 14.04 Lts (Trusty)


Assalamu'alaikum Wb. Wr.

Kali ini saya akan sharing sedikit tentang cara instal ubuntu 14.04 Lts, temen temen pasti udah ngga aneh dengan SO Linux yang satu ini karena sudah banyak yang memakainya juga dan juga Ubuntu ini lebih enak dipakai untuk desktop... 
Dan kali ini saya akan sharing step by step bagaimana cara instal salah satu SO Linux ini yang pastinya via desktop yah.. Kenapa sih saya sharing tentang How to Install Ubuntu..??? karena saya akan gunakan SO ini sebagai SO untuk menjalankan konsep jaringan terbaru yang dinamakan SDN or Software Defined Networking tapi kita juga bisa menggunakan SO Linux yang lain ex: Debian and Redhat Dll, dikarenakan saya lebih suka ubuntu jadinya saya menggunakan SO yang berlogokan 3 orang yang saling berpegangan ini.

Hal pertama yang harus kita siapkan adalah ISO or DvD ubuntunya... coba kalo hal itu tidak ada,, pasti kita tidak akan bisa install ubuntunya sampai kapanpun.. hehehe... 
Temen temen bisa download ISOnya ditempat atau web yang temen temen suka, tapi saran saya sih mending di kambing.ui.ac.id/iso/ karena di web ini semua ISO Linux ada... Josss kan.. hahaha..

Ok,, kita langsung aja ke TKP..


Nahh ini dia tampilan pertama ketika akan menginstal ubuntu 14.04.. disini ada dua pilihan yaitu Try and Install, kalo try kita hanya mencoba SO nya saja tidak install permanen BUT install kita menginstall langsung pada PC or Laptop kita.. In here please choose Install Ubuntu.. and Don't forget choose your language.


Ok.. here kita klik Continue.. Oiyah,, saran saya ketika proses instalasi your PC or Laptop tidak terkoneksi internet karena jika terkoneksi maka Ubuntu yang kita instal akan secara otomatis UPDATE dengan sendirinya dan akan memakan waktu yang lama dalam proses instalasi.. EXCEPT : yang memiliki koneksi internet super josss.. 100 Mbps / 1 person.. hehe..


Pilih Erase disk and install Ubuntu, kenapa kita pilih ini... Agar instalnya simple aja sih hehe, but jika temen temen ingin setting partisi sendiri bisa kok, tinggal pilih Something else aja.. jika sudah kita klik Install Now.


Nahh ketika kita pilih Erase disk and install Ubuntu maka sistem akan membuat partisi sendiri secara defalut... Please Choose Continue..


Pada bagian ini temen temen pasti sudah tahu kan harus pilih apa... Where Are You..???? 


Pilih keyboard type yang temen temen gunakan yang.. juga sudah pilih Continue.. Oiyah, maaf nih screenshootnya kepotong, soalnya saya installnya virtual ngga langsung... kalo langsung mana bisa saya screenshot.. hehehe


Entry Name, Comp name, User and Pass.. and click Continue. Who Are You..???
Setelah itu kita tinggal menunggu proses installasi selesai, jadi prosesnya telah selesai maka akan muncul tampilan seperti berikut..


Jika sudah muncul seperti ini itu tandanya installasi sudah selesai, kita klik Restart Now.


And Then... login menggunakan user yang telah kita masukan ketika proses install.

This is it... first display ubuntu yang kita install, dan siap digunakan sebagai OS yang akan menjalankan controller SDN...

Sekian Tutorial dari saya, semoga bermanfaat...
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Post a Comment